Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Kamu

Sebagai orang yang selalu mengandalkan device smartphone maupun laptop, bluetooth sudah menjadi perangkat pendukung yang sangat penting bagi kita. Yaps, keunggulan bluetooth inilah yang sangat dibutuhkan untuk utilitas pekerjaan kita.

tips menyalakan atau mengaktifkan bluetooth di laptop

Meskipun hampir semua orang punya Smartphone, tetap saja kita butuh laptop sebagai kebutuhan kerja. Ditambah lagi, pekerjaan akan jauh lebih efisien bila mengaktifkan bluetooth di laptop. Sebab pengiriman data dari device lain akan jauh lebih mudah hanya dengan memanfaatkan bluetooth.

Oh iya, cara mengaktifkan bluetooth ini bisa digunakan di laptop apapun, seperti ASUS, ACER, HP, LENOVO, DELL, AXIOO ataupun TOSHIBA, bahkan bisa pula pada laptop merk lain. Kemudian, cara ini bisa juga digunakan di Sistem Operasi Windows XP, 7, 8, ataupun Windows 10.  Tinggal menyesuaikan saja driver yang kompatibel dengan bluetooth laptop kalian.

Oke,  di bagian tips mengaktifkan bluetooth di laptop ini admin Kepo akan memberikan beberapa alternatif untuk kalian dan semoga saja kalian berhasil menggunakan beberapa alternatif ini.

1. Pastikan Driver Bluetooth Telah Terinstall


Nah, ini menjadi yang pertama admin bahas. Karena jika driver tidak terinstall dengan benar, atau ada bagian yang corrupt, bisa dipastikan masalah utama ada pada driver bluetooth.

Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Cara mengecek driver bluetooth pada windows 7 yang bermasalah adalah  pada desktop klik start > Computer > Klik kanan > Properties > Device Manager

Jika terdapat tanda seru seperti pada gambar di bawah, berarti jelas driver bluetooth mu yang sedang bermasalah atau meminta untuk di-update.


Coba install driver bluetooth yang kompatibel dengan laptop kalian, biasanya driver bluetooth terdapat pada DVD Driver. Atau bila tidak ada, kalian bisa download di situs-situs yang menyediakan driver bluetooth untuk laptop kalian. Jika masih saja tidak bisa, coba gunakan driver universal.

2.  Tekan Tombol Shortcut Fn + ( Tergantung Laptopmu )


Setelah dipastikan driver bluetooth telah diinstal, coba aktifkan dengan tombol shortcut Fn + Shortcut bluetooth di laptopmu. Admin di sini mencontohkan dengan laptop lenovo jadi admin tekan Fn + F5 di keyboard untuk ke settingan menyalakan bluetooth nya.

Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Perlu diketahui, shortcut di setiap laptop berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan satu tombol saja bluetooth laptop bisa menyala.

3. Bluetooth Rusak, Tidak Berfungsi atau Tidak Ada? Gunakan Bluetooth USB !


Yaps, langkah terakhir cara mengaktifkan bluetooth di laptop atau notebook adalah membeli bluetooth USB. Harganya cukup murah kok, tidak lebih dari 50 ribu di situs jual beli online.

Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Lagi pula bila kamu membeli bluetooth USB, kamu bisa menggunakannya juga di PC atau komputermu. Jadi fungsi bluetooth USB ini cukup fleksibel juga.

Cara Menyalakan Bluetooth di Windows 7


Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Untuk menyalakan bluetooth kamu bisa menuju ke sebelah kanan task bar. Kemudian cari icon bluetooth. Nah, kalau sudah ketemu pastikan icon berwarna biru. Itu tandanya bluetooth telah menyala. Jika belum aktif akan berwarna merah.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 8


Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

1. Buka PC Settings, klik Wireless.
2. Kemudian pada bagian Wirelesss devices aktifkan Bluetooth.

Windows 8.1


Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

1. Buka PC Settings, kemudian pilih PC and devices.
2. Klik Bluetooth.
3. Kemudian geser toogle Bluetooth ke arah kanan untuk mengaktfikan, dan kiri untuk nonaktif.

Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10


Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

1. Buka Settings.
2. Pilih Devices.
3. Terakhir pada Manage Bluetooth devices, aktifkan toogle Bluetooth menjadi On.

Oke, sekian tips bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop kamu. Bila kamu ada pertanyaan mengenai bagaimana cara menyalakan bluetooth di laptop, atau cara menggunakan bluetooth bisa kalian sampaikan di kolom komentar.
Previous
Next Post »