Jenis Ikan Guppy Terbaru yang Biasa Ada di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika jenis ikan guppy yang biasa di sekitar kita ternyata ada banyak sekali. Mulai dari yang lokal sampai yang import. Kemudian ada juga yang mata hitam dan yang albino. Harga pun bervariasi, yaitu dari yang termurah hingga yang termahal.
jenis ikan guppy terbaru yang biasa ada di indonesia
Facebook : Jarawee Romyanont
Di Indonesia sendiri, jenis ikan guppy yang paling diminati di antaranya adalah AFR (Albino Full Red), Dragon Big Ear, Cobra, Blue Grass, guppy koi, HB Blue, Blue Moscow, Red Lace, Albino Full Platinum, guppy panda, dan masih banyak lagi.

Di artikel ini, saya akan berbagi mengenai beberapa jenis guppy terbaru yang banyak diminati di Indonesia. (kalau ada yang belum saya sebutkan tolong komentar di bawah artikel ini yaa).

Ohiya, sekedar informasi, jenis-jenis guppy ini diklasifikasikan berdasarkan kategori yang pernah dilaksanakan pada kontes yang pernah ada di Indonesia. Berikut kategorinya.

Kategori Solid Moscow

1. Guppy Full Black

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia full black moscow
Facebook : Firman Syah
Sesuai namanya, Ikan guppy full black ini memiliki ciri khas berwarna hitam di sekujur badannya. Ada juga yang bilang guppy ini namanya Full Black Thailand, tapi terlepas dari itu, intinya makin pekat warnanya akan semakin berkualitas

Guppy yang satu ini cocok banget jadi hiasan di akuarium. Ada kesan elegan dan terlihat maco karena warnanya yang hitam. Asalkan background akuariumnya jangan hitam ya. Nanti dia malah berkamuflase seperti ninja. #wkwkwk

Guppy Full Black sering banget menang kontes. Iya, karena kepekatannya itu yang menjadi nilai tambah. Jadi, tips buat kalian yang ingin kontes guppy Full Black, selain dorsal dan ekor yang lebar,  cari yang warnanya pekat agar kamu berpeluang besar untuk menang. 

2. Guppy Blue Moscow

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia full blue moscow
Facebook : Safira Guppy

Kalau di foto seklias seperti Full Black, akan tetapi guppy Blue Moscow ini kalau kamu lihat secara langsung akan nampak jelas warna birunya. Dari foto di atas saja sudah terlihat ada siluet-siluet biru di badan, ekor, dan dorsalnya.

Guppy Blue Moscow ini juga cocok jadi pajangan di akuarium. Kalau bicara harga, lumayanlah. Minimal 100ribu untuk yang grade B dan itu bergantung si penjual dia mau kasih harga berapa.

3. Guppy Red Moscow

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia red moscow
Facebook : Abdurrochman
Nah kalau yang ini Guppy Full Red versi mata hitamnya. Guppy ini juga tidak kalah bagus dengan guppy AFR, apalagi kalau yang grade A. Wah dorsal dan ekornya pasti ngembang banget kayak foto di atas.

Guppy ini cocok banget sama kamu yang suka warna merah. Kan keren kalau kamu punya ini, jadi seperti api di dalam air. keren banget deh pokoknya. Kalau masalah harganya berapa, itu sudah terpancarkan kok oleh warnanya. 

Tau kan duit yang warnanya merah berapa? Lagi-lagi itu bergantung kesepakatan pembeli dan penjual. Jadi pinter-pinter kamu saja dalam skill tawar-menawar.

4. Guppy Green Moscow

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia full green moscow
Facebook : Gibran Yogacakti
Kalau guppy Green Moscow ada yang tau warnanya apa? Yak, betul! hijau. Sesuai namanya, ikan guppy Green Moscow ini mempunyai dominan warna hijau di badannya.

Sebenarnya, guppy black moscow, blue moscow, green moscow , mereka adalah dari keturunan yang sama. Akan tetapi, keturunan mereka diperkuat sehingga muncul polaritas atau perbedaan yang signifikan sehingga menghasilkan warna yang berbeda.

Atau kalian punya pendapat lain? silahkan komen di bawah ya.

Harga ikan ini pun sama seperti teman-teman guppy moscow yang lain. Kalau berkualitas tinggi, pasti harganya juga tinggi. Ingat! kualitas berbanding lurus dengan harga

Menurut kamu ada gak guppy kategori solid moscow yang lain? kalau ada, silahkan komen di bawah ya.

Kategori Albino Solid

1. Guppy Albino Full Red

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia albino full red
Facebook : Ikho Sulistyo
Nah ini nih guppy primadona. Ikan guppy Albino Full Red atau AFR ibaratnya ikonnya pecinta guppy. Rasanya kurang lengkap kalau belum punya guppy ini.

Apalagi warna merahnya yang pekat, siluet keunguannya hampir tidak ada sama sekali. Wah harganya bisa mahal sekali.

Perbedaannya dengan guppy Full Red mata hitam, yaitu pada matanya yang merah. Makanya dia dinamakan Albino.

Setiap kontes, pasti ikan ini selalu ikut meramaikan kemeriahannya. Kalau sudah menang kontes, ikan guppy tidak bisa dibilang kaleng-kaleng. Minimal 500ribu per pasangnya.

2. Guppy Albino Full Platinum

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia albino full platinum
Facebook : B'guppis Juangjaya
Ikan guppy Albino Full Platinum ini salah satu ikan yang banyak dicari orang. Warnanya yang putih polos dan berkilau seperti platinum, membuat ikan ini semakin menarik dipandang.

Jika kamu membeli ikan guppy Full Platinum ini, mungkin akan ada sedikit bercak kuning pada pangkal ekor dan hal itu wajar kok.

Keindahan warna serta ekor dan dorsal yang lebar membuat ikan ini masih tetap menarik dipandang. Untuk yang Grade A, harga ikan guppy Full Platinum minimal 250ribu per pasangnya.

Kategori Bicolour atau Tuxedo atau Half Black (HB)

1. Guppy HB White 

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia hb half black white
Facebook : Shadhee Guppy

Ikan guppy HB white ini memiliki badan yang hitam, kemudian pada bagian ekor dan dorsalnya berwarna putih. Keindahannya ketika berenang, bagaikan kupu-kupu terbang di akuarium.

Di foto itu masih remaja. Kalau sudah besar pastinya akan lebih indah. Harganya sendiri begantung grade. Grade B biasanya dihargai 50ribu (bergantung seller) dan grade A minimal harganya 200ribu.

2. Guppy HB Blue

Jenis Guppy Terbaru Paling diminati di Indonesia hb half black blue
Facebook : Ferry Mukromien
Ikan guppy HB Blue ini ikan kesukaan saya nih. Menurut saya ikan ini lebih menyatu dengan alam, karena gerakan ekornya seperti gelombang air laut yang tenang. Pokoknya ikan ini keren deh.

Baca juga : Half black blue guppy fish

Harganya juga lumayanlah, minimal 100ribu per pasangnya. Apalagi kalau sudah umur 5 bulanan, harganya bisa jadi 150ribu ke atas per pasangnya (bergantung kualitas).

3. Guppy HB Pastel

jenis guppy populer diminati di  indonesia HB half black pastel
Facebook : Desmond Koh
Sekilas Ikan guppy HB Pastel ini mirip dengan HB White. Akan tetapi, letak perbedaan antara keduanya adalah ikan guppy HB White ekornya putih bersih, sedangkan HB Pastel ekornya berwarna putih dan sedikit warna kuning. Coba perhatikan foto di atas. Ikan guppy HB pastel ini ada sedikit bercak kuning di pangkal ekor.

Harga ikan guppy HB pastel entah mengapa justru lebih murah sedikit di bawah HB White. Jadi, ikan ini cocok nih buat kamu latihan pelihara guppy. Selain murah (tapi bukan murahan), ekor dan dorsalnya pun lebar-lebar. Sehingga cocok banget untuk jadi pajangan akuarium.

4. Guppy HB Red

jenis ikan guppy hb half black red
Facebook : Shomal Guppy
Ikan guppy jenis HB Red ini trend nya naik turun. Dulu trend HB Red turun karena banyak yang menjual ikan ini dengan harga yang murah. Tapi tetap saja harga tidak pernah bohong. Banyak orang yang beli dengan harga murah ternyata kualitasnya jelek.

Kemudian ikan guppy HB Red ini trend nya naik lagi karena kualitasnya mulai diperbaiki sehingga ekor dan dorsalnya besar. Harganya pun meningkat kembali. Gimana? Kamu tertarik sama HB Red?

Kategori Albino Bicolour atau Albino Tuxedo

1. Guppy Sky Blue atau Topaz

jenis guppy populer diminati di  indonesia sky blue atau topaz
Facebook : Rens Reno Fiarzi
Ikan guppy Sky Blue atau sering disebut ikan guppy Topaz ini memiliki keindahan sendiri di ekornya. Ekornya yang berwarna biru muda membuat jenis guppy yang satu ini menjadi idaman banyak orang.

Apalagi ketika guppy Sky Blue yang satu ini sudah dewasa, wah ekornya tambah memekar sehingga menambah daya tarik tersendiri di mata.

Harganya rata-rata kalau sudah umur 4 samapai 5 bulan minimal 100ribu per pasang. Apalagi yang sudah juara kontes, kamu bisa jual di harga minimal 500ribu per pasang.

2. Guppy Albino White

jenis guppy populer diminati di  indonesia albino white
Facebook : Inti Aquatica
Ikan guppy Albino White ini sekilas mirip dengan AFP, tetapi perbedaanya terletak pada badannya. Kalau AFP (albino full platinum) warna badannya platinum, sedangkan ikan guppy Albino White ini badannya sedikit transparan.

Untuk harga tidak berbeda dengan ikan guppy Albino Full Platinum. Ikan ini bagus banget jadi pajangan di akuarium kita.

3. Guppy Albino German Yellow

Jenis Guppy Terbaru yang Paling Diminati di Indonesia albino german yellow
Facebook : Sinug Aja
Ikan guppy Albino German Yellow (AGY) ini juga hampir sama seperti ikan guppy Albino Full Platinum. Akan tetapi, biasanya ikan guppy AGY ini warnanya agak sedikit keemasan.

Kalau harga, saya sendiri pernah beli di harga 40ribu. Lumayan murah bukan? tapi waktu itu saya beli yang masih remaja. Ternyata setelah besar ikannya justru indah banget. apalagi waktu itu betinanya beranak. Wah saya makin senang karena punya banyak koleksi ikan guppy.

Kategori Lace atau SnakeSkin

1.   Guppy Red Lace

Jenis Guppy Terbaru yang Paling Diminati di Indonesia red lace
Facebook : Adi Setiyo
Nah ini nih, ikan guppy Red Lace banyak banget yang suka karena coraknya yang indah dengan warna merah. Coraknya yang terpola itu membuat ikan ini seperti batik di badannya.

Semakin rapat coraknya, semakin mahal harganya. Jadi tips nih buat kamu yang ingin membeli ikan guppy red lace ini.

Pilih yang coraknya paling rapat, atau jika kamu beli online maka mintalah kepada si penjual yang coraknya halus dan menyeluruh dari badan hingga ekor.

2. Guppy Blue Lace

Jenis Guppy Terbaru yang Paling Diminati di Indonesia blue lace
Facebook : Gibran Yogacakti
Kalau ikan guppy Blue Lace ini adalah ikan yang sebenarnya keturunan dari Red Lace juga. Akan tetapi, keturunannya dipertahankan sehingga menghasilkan strain yang stabil, yaitu Blue Lace.

3. Guppy Cobra

jenis ikan guppy cobra yellow dan blue
Facebook : Adi Setiyo
Jenis ikan guppy Cobra yang satu ini memiliki keindahan pada coraknya. Ada dua tipe jenis ini, di antaranya adalah Blue dan Yellow Cobra.

Kategori Grass

1. Guppy Blue Grass

Jenis Guppy Terbaru yang Paling Diminati di Indonesia blue grass
Facebook : Wawan Daytona
Kalau ikan guppy Blue Grass ini adalah salah satu favorit banyak orang nih. Totol-totol hitam yang rapat di ekor dan dorsalnya yang berwarna biru menjadikan guppy ini memberikan keunikan tersendiri dan terlihat indah.

2. Guppy Red Grass

Jenis Guppy Terbaru yang Paling Diminati di Indonesia red grass
Facebook : Rens Reno Fiarzi
Ikan guppy Red Grass ini merupakan pecahan dari keturunan ikan guppy Blue Grass. Jadi, nanti indukan Blue Grass biasanya melahirkan beberapa ekor yang Red Grass. Nah, kalau kamu mau stabilkan Red Grass ini, maka kamu harus cari betina yang red grass juga. Ciri-ciri betinanya adalah berekor merah.

Kegori Metal

1. Guppy Metal Blue Grass

Jenis Guppy Terbaru yang Paling Diminati di Indonesia metal blue grass
Facebook : Safira Guppy
Sekilas ikan guppy metal blue grass ini hampir sama seperti blue grass biasa. Akan tetapi, yang membuat dia berbeda adalah pada corak di badannya yang lebih dominan. 

Ikan ini bisa dibilang jarang menghasilkan anakan atau burayak reject. Karena walaupun anakannya melenceng pun hanya corak di badannya yang hilang dan seperti Blue Grass. Jadi tidak akan melunturkan keindahan ikan ini.

2. Guppy Metal Red Lace

jenis ikan guppy metal red lace
Facebook : Jarawee Romyanont
Perbedaan antara jenis ikan guppy Metal Red Lace dengan Red Lace ini terletak pada bagian kepala. Kalau pada Red Lace coraknya hingga sekujur badan, akan tetapi ikan guppy Metal Red Lace ini coraknya hingga setengah badan saja, namun kepalanya berwarna metal.

3. Guppy Metal Yellow Grass

jenis ikan guppy metal yellow grass
Facebook : B'guppis Juangjaya
Ikan guppy Metal Yellow Grass secara fisik sama dengan Metal Blue Grass, namun yang membedakan hanyalah warnanya saja. Buat kamu yang suka warna kuning, wah cocok banget pelihara ini.

Kategori Albino Patern

1. Guppy Albino Blue Grass

jenis ikan guppy albino blue grass
Facebook : Flying Colors Fancy Fish
Ikan guppy Albino Blue Grass ini merupakan keturunan dari ikan guppy Blue Grass. Dia memiliki gen yang melenceng dari teman-temannya. Letak perbedaannya terlihat jelas pada mata yang albino atau berwarna merah.

2. Guppy Albino Blue Lace

ikan guppy jenis albino blue lace
Facebook : Gibran Yogacakti
Ikan guppy Albino Blue Lace juga sama nasibnya seperti ikan guppy Albino Blue Grass. Namun ikan ini melenceng dari ikan guppy Blue Lace. Kamu pun bisa menyetabilkan strainnya dengan syarat harus dikawinkan dengan betina Albino Blue Lace juga.

3. Guppy Albino Red Lace

ikan guppy jenis red lace
Facebook : Guppy Bagus
Nah kalau Albino Red Lace ini merupakan turunan yang melenceng juga dari Red Lace. Akan tetapi, menurut saya Albino Red Lace ini mempunyai nilai tersendiri karena terlihat beda sekali dengan Red Lace mata hitam

Kategori Halfmoon

1. Guppy Dragon
ikan guppy jenis platinum dragon big ear
Facebook : Adi Setiyo
Nah, kalau ikan guppy Dragon ini pun menjadi salah satu primadona di Indonesia. Kabarnya ikan ini merupakan ikan guppy silangan asli dari Indonesia. Apakah benar teman-teman? tolong komen di bawah ya.

Guppy Dragon di atas merupakan ikan guppy Dragon normal. Ternyata di Dragon ini pun ada beberapa jenisnya. Diantaranya adalah Dragon Big Ear, Platinum Red Dragon, dan juga Blue Dragon.

2. Guppy Platinum Red Mozaik Big Ear

ikan guppy jenis platinum mozaik big ear
Facebook : Tytux Maryani
Ikan guppy Platinum Red Mozaik Big Ear (PRMBE) ini memiliki keunikan sendiri pada ekornya. Sekilas memang seperti Dragon, akan tetapi, perbedaannya terletak pada corak ekor.

Kalau dragon coraknya cendrung dengan totol-totolnya, namun pada Platinum Red Mozaik Big Ear ini memiliki corak ekor yang bergaris. Kemudian ditambah dengan telinganya yang besar membuat ikan ini diberi nama Big Ear.

3. Guppy Platinum Red Tail

ikan jenis platinum red tail
Facebook : Heru Adi Irawan
Ikan guppy Platinum Red Tail ini juga termasuk ikan yang cantik. Terlihat dari ekornya yang berwarna merah dan badannya yang berwarna platinum putih membuat ikan ini menawan berenang-renang di air.

Kategori Sword Tail

1. Guppy Double Sword Tail Red Lace

ikan guppy jenis albino red lace double sword tail
Facebook : Bambang Supriadi
jenis ikan guppy Double Sword Tail Red Lace bisa dibilang masih langka di Indonesia. Karena saya jarang banget lihat ikan ini di jual online. Kalau pun ada bisa dipastikan harganya lumayan mahal. Tapi menurut saya walaupun mahal tetap saja ikan ini akan diburu oleh para kolektor guppy.

Jenis ikan guppy ini disebut double sword tail karena ikan ini mempunyai ekor yang seperti dua pedang. Selain itu, corak di badannya yang membuat ikan ini sangat cantik.

2. Guppy Blonde Sword Tail Yellow Lace

Guppy Double Sword Tail yellow Lace
Facebook : B'guppis Juangjaya
Nah ikan guppy yang satu ini jenis Blonde Sword Tail Yellow Lace. Dinamakan Blonde karena badannya yang berwarna putih membuat ikan ini seperti orang bule. Makanya banyak orang yang menyebutnya Blonde. 

Ikan ini termasuk ikan langka karena jarang yang punya. Apalagi sekarang lagi booming, wah pasti harganya lumayan mahal. Tapi sesuai kok dengan kepuasan kita memiliki ikan cantik ini.

Kategori Short Tail

1. Guppy Mini Panda

jenis guppy mini panda
Facebook : Frand Talahatu
Kalau jenis ikan guppy yang Mini Panda ini terkenal sebagai guppy paling kuat dibandingkan yang lain. Hal ini karena menurut pengalaman saya ikan ini tidak rewel dengan kondisi air yang kurang. 

Apalagi gerakannya yang lincah sehingga menambah kesan lucu dan menggemaskan. Disebut Mini Panda karena badannya yang mungil dan paduan warnanya yang membuat ikan ini seperti panda.

2. Guppy Albino Koi

jenis guppy albino koi
Facebook : Wawan Daytona
Jenis ikan guppy Albino Koi ini sangat dikagumi karena keunikan kepala dan ekornya yang berwarna merah dipadu dengan warna putih di badan. ikan ini sangat menggemaskan karena kalau diperhatikan seperti badut yang berenang-renang.

2. Guppy Albino Glass Belly

jenis ikan Guppy Albino Glass belly
Facebook : Febri Ariwibowo
Sekilas jenis ikan guppy Glass Belly tidak ada bedanya dengan guppy Koi. Akan tetapi jika kamu jeli, terlihat ada sekumpulan telur. Ya, keunikan dari ikan guppy Glass Belly ini adalah pada badannya yang tembus pandang, sehingga kamu bisa melihat organ dalam badannya.

Kategori Crown Tail atau Serit

1. Guppy Albino Sky Red Crown Tail

jenis ikan guppy albino sky red crown tail
Facebook : Raif Towerz
Nah, kalau jenis ikan guppy crowntail ada banyak sekali. Salah satunya adalah Albino Sky Red Crown tail ini. Ciri khasnya terletak pada ekor dan dorsalnya yang bergaris-garis seperti mahkota sehingga membuat ikan ini menjadi sangat unik.

2. Guppy HB Red Crown Tail

jenis ikan guppy hb red crown tail
Facebook : Febri Ariwibowo
Nah kalau yang ini jenis ikan guppy HB Red Crown Tail karena ekornya yang berjenis serit. Ohiya, sekedar informasi, semakin rapih seritnya, maka akan menambah kualitas si ikan.



Latest
Previous
Next Post »