Cara Budidaya Ikan Guppy yang Praktis dan Simpel

Oke, di artikel ini saya akan berbagi tips seputar teknik budidaya ikan guppy hias. Cara merawat ikan guppy ini sebenarnya cukup mudah jika kamu sudah tahu apa saja yang perlu dipersiapkan dan mengerti trik-triknya agar ikan guppy cepat besar.
Cara Budidaya Ikan Guppy untuk Pemula blue grass
source : facebook

Kenapa sih kamu harus budidaya ikan guppy?

Karena ikan guppy ini memiliki keindahan yang beranekaragam di tubuhnya. Mulai dari badan, ekor, dorsal, hingga ada beberapa jenis guppy yang memiliki telinga. contoh yang paling sering kita jumpai ialah guppy PRMBE (Platinum Red Mozaik Big Ear).

Dari keindahan ikan guppy ini, tandanya ada peluang yang bisa kamu manfaatkan sebagai usaha sampingan.

Tapi saran saya jangan fokus ke usahanya dulu ya, belajar dulu bagaimana cara merawat ikan guppy ini. Kadang-kadang walaupun kata orang mudah perawatannya, malah di"gampang"in yang akhirnya kualitas ikan guppy kesayangannya turun. Bahkan mati satu per satu.
Note :  Kalau bermanfaat, tolong share artikel ini ya, untuk membantu saya mengembangkan artikel tentang guppy yang lebih berkualitas dan lebih enak dibaca teman-teman. Thanks :) 

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai budidaya ikan guppy?

Kamu mau pelihara ikan guppy? sebentar. Tentunya kamu harus memikirkan dulu tempat yang sesuai untuk beternak guppy. Masa iya nanti beli guppy doang.

Semua hewan peliharaan sebenarnya sama, sebelum membeli hewannya, kita harus mempersiapkan wadahnya terlebih dahulu. Oke, berikut beberapa persiapannya:

Wadah

Karena ikan guppy ini bertubuh mungil, wadah yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Kamu bisa menggunakan ember atau bak yang berdiameter 60cm dengan tinggi sekitar 23cm untuk memulainya. Harganya cukup murah kok, sekitar 25ribuan/pcs.

Atau jika kamu ingin sambil menikmati keindahan ikan guppy, kamu bisa menggunakan akuarium. Kan lumayan buat penghilang stress. Ukuran akuarium panjang 30cm, lebar 20cm, dan tinggi 25cm sudah cukup untuk memandang keindahan keeksotisan guppy ini.

Ada alternatif lain? banyak peternak mulai merintis budidaya ikan guppy menggunakan kotak sterofoam bekas packing. Alasannya supaya harganya lebih ekonomis sehingga bisa beli lebih banyak wadah utuk jenis ikan lainnya. Kamu pun bisa dipelihara di kolam terpal atau kolam semen.

Namun, kamu harus mempertimbangkan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Misalnya kalau kamu menggunakan ember atau akuarium, suhu kadang tidak stabil sehingga mengganggu perkembangan ikan guppy.

Kemudian sterofoam, walaupun murah, tetapi wadah ini mudah rusak atau bahkan ada saja bagian yang bocor. Jadi kamu harus jeli memilih sterofoam. Atau jika terlanjur, sterofoam tersebut bisa ditambal dengan terpal plastik cor yang biasa dijual di toko bangunan.

Ada saran wadah lainnya? silahkan komen di kolom komentar di bawah artikel ini.

Pompa udara (aerator), perlukah?

Kalau ini bergantung kondisi. Ada beberapa jenis ikan guppy yang harus menggunakan aerator, seperti AFR (Albino Full Red). Gunanya untuk menjaga kualitas ekornya agar tetap bisa mengembang dengan sempurna. Siapa tau juara kontes.

Siapa yang pernah menang kontes? Share di komentar ya.

Ada juga beberapa jenis yang tidak perlu aerator, misalnya ikan guppy yang memiliki ekor pendek.

Tetapi, saya sendiri melihat banyak master guppy yang pakai aerator untuk guppy ekor pendeknya. Alasannya agar ikan guppy tetap aktif berlarian kesana-kemari. Jadi semua bergantung kamu mau pakai aerator atau tidak.

Air

Kondisi air merupakan faktor terpenting untuk budidaya ikan guppy. Kalau kata para master guppy "pelihara guppy sama dengan pelihara air".

Perkataan itu menunjukkan bahwa kita harus menjaga kualitas air supaya ikan guppy dapat tetap hidup dan sehat.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, diantaranya:
  1. pH air, normalnya sekitar 7.
  2. DO (kadar oksigen terlarut), biasanya terbantu oleh aerator.
  3. Suhu, sekitar 24°C hingga 27°C
  4. Amoniak, kadar amoniak yang tinggi menyebabkan ikan guppy rentan penyakit atau bahkan mati.
Sebisa mungkin endapkan dahulu air yang akan dipakai untuk budidaya guppy. Gunanya untuk menetralisir racun dan gas pada air.

Filter, perlukah?

Kalau filter ini fungsinya untuk menjernihkan air. Cara kerjanya, filter akan menghisap air yang membawa kotoran, kemudian disaring oleh spons filter sehingga ketika air keluar dari filter menjadi jernih lagi.

Keuntungannya menggunakan filter adalah, kamu tidak perlu terlalu sering menguras wadahnya. Cocok banget sama kamu yang sulit mengurus ikan guppy ini secara intensif.

Ada juga sistem undergravel filter, yaitu filter yang memanfaatkan mikroorganisme untuk menguraikan kotoran pada wadah guppy. Yang satu ini sering dipakai oleh master guppy karena kualitas air akan tetap terjaga meskipun tidak pernah disipon atau dikuras hingga berbulan-bulan.

Jadi, menurutmu filter ini opsional atau aspek terpenting dalam budidaya ikan guppy? silahkan komen di bawah artikel ya.

Pakan

Ada banyak variasi pakan yang bisa kamu berikan untuk ikan guppy kesayangan. Misalnya pelet, artemia, kutu air, casut (cacing sutra), dan masih banyak lagi. Yang penting pakannya muat di mulut ikan guppy.

Entah mitos atau fakta, ada beberapa breeder yang berpendapat protein pada pakan hanya sedikit berpengaruh pada ukuran guppy. Tapi ada beberapa breeder yang menganggap protein bagus untuk pertumbuhan tulang ikan.

Menurut kamu mitos atau fakta? silahkan komen di bawah yaa.

Saya sendiri pernah membandingkan guppy yang diberi makan cacing sutra dengan diberi makan pelet. Setelah satu bulan ternyata pertumbuhan guppy yang dikasih casutlah yang lebih besar.

Atau jika kamu bingung, tanya saja sama si penjual guppy yang ingin kamu beli tersebut. Apa makanan yang paling sering diberikan oleh penjual kepada guppy-guppy ternakannya.

Atau coba minta sedikit pakan dari penjualnya sebagai tester dan cadangan kalau kamu tidak ada pakan yang disebutkan si penjual.

Tapi ingat! sedikit saja ya! kalau mau banyak ya harus beli dong #hehe.

Persiapan sudah, selanjutnya tentukan jenis guppy favoritmu

Pilihlah guppy yang berkualitas. Indukan yang matang biasanya berumur 4 sampai 5 bulan. Jangan lupa tanyakan pada penjual, apakah induk guppy betina sudah pernah dikawinkan atau belum.

Kalau kamu tidak sabar, boleh saja minta ikan yang sudah hamil. Jadi kamu tinggal merawat anakan atau burayaknya saja.

Akan tetapi, kalau kamu ingin menghasilkan kualitas yang bagus, kamu bisa membeli indukan guppy, terutama betina yang belum dikawinkan. Kemudian pilihlah jantan yang bagus menurutmu.

Jangan sesekali mencampurkan ikan guppy jantan dan betina yang berbeda jenis dalam satu wadah! Karena nanti jenisnya jadi tidak jelas.

Terus bagaimana membedakan jantan dan betina? Kalau kamu belum tau cara membedakannya, mungkin dari foto-foto yang saya ambil dari beberapa master guppy akan menjawab pertanyaan tersebut. Silahkan kunjungi artikel di bawah ya (masih proses).
Coming soon : Cara membedakan guppy jantan dan betina

Oke, sekarang proses perkawinan

Cara pemijahan guppy ini cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan guppy jantan dan betina dalam satu wadah.

Harus satu jenis

Iya, memijahkan guppy harus satu jenis. Kenapa? Karena dengan kita memijahkan atau mengawinkan guppy satu jenis, itu artinya kita mempertahankan strain asli dari si guppy.

Apa itu strain guppy? Simpelnya strain itu adalah gen yang dibawa oleh indukan guppy yang menurun ke anak-anaknya.

Maksudnya sejenis, misalnya kamu punya indukan jantan AFR, maka pasangkan dengan indukan betina AFR juga, atau kamu punya indukan jantan Black Moscow, maka pasangkan dengan betina Black Moscow.

Jadi kalau kamu mencampurkan jantan dan betina yang berbeda jenis, hasilnya pun menjadi ikan cendolan alias kualitasnya jelek.

Perbandingan jantan dan betina

Perbandingan antara jantan dengan betina minimal 1:1, atau jumlah betina bisa diperbanyak hingga 1:2 atau 1:3 atau 1:4 atau seterusnya. Bahkan para master guppy bisa hingga 1:7. Mereka sudah berpengalaman sehingga tau kapan indukan betina guppy akan melahirkan.

Mengapa saya merekomendasikan jantan hanya satu di akuarium? kerena agar jelas anakan guppy milikmu asalnya dari jantan yang mana.

Apalagi kalau jantan guppy milikmu adalah yang berkualitas bagus dan pernah juara kontes, lumayan bisa menambah brand harga jual dari guppy kesayanganmu.

Berapa lama pemijahannya?

Ini bergantung kondisi, kalau indukan betina yang kamu beli belum pernah dikawinkan, menurut pengalaman saya biasanya memakan waktu  satu bulan.

Nah, kalau guppy yang sudah pernah dikawinkan, biasanya cuma perlu 2 minggu saja mereka akan melahirkan.

Berapa banyak anakan guppy yang dihasilkan?

burayak guppy yang lahir jika umur indukan betina 4 sampai 5 bulan bisa mencapai 30 hingga 50 anakan. Perbandingan anakan guppy antara jantan dan betina biasanya  1:1 , artinya jika kita punya 50 burayak, maka betina 25 ekor dan jantan 25 ekor.

Dalam beberapa kasus perbandingannya kadang lebih banyak betina daripada jantan, atau bahkan lebih banyak jantan daripada betina.

Takut anakan guppy dimakan indukannya?

Gampang, kamu hanya perlu menyiapkan breeding box khusus ikan guppy. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko terdekat atau toko online.

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan besek karena bisa membatasi gerak indukan guppy betina ketika ingin menyerang anaknya sendiri.

Atau kamu bisa menggunakan jaring nyamuk. Intinya disesuaikan saja agar burayak bisa lolos sementara indukannya tidak bisa memakannya.

Perawatan burayak 

Fase 1 hari sampai 1 bulan

Oke, disini saatnya menantang ketelatenan kita dalam merawat burayak. Fase 1 hari hingga 1 bulan biasanya menjadi fase rewel.

Ada saja penyakit yang muncul pada anakan di fase 1 hari - 1 bulan. Namun jangan khawatir, jika kamu peka terhadap kualitas air, maka kecil kemungkinan ikan guppy kesayanganmu terserang penyakit.

apa pakannya di fase ini?

Saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan artemia. Kenapa? karena artemia bisa dibilang pakan hidup yang paling steril dan memiliki protein tinggi, sehingga guppy kesayanganmu dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Atau kamu punya rekomendasi lain? silahkan komen di bawah ya.

Fase 1 bulan sampai 2 bulan

Normalnya di umur 1,5 bulan ikan guppy sudah menunjukkan ciri-ciri jantan dan betina. Nah sudah saatnya kamu memisahkan antara jantan dan betina di bulan ini untuk mencegah kawin dini.

Apa dampak negatifnya kawin dini pada guppy?

Dampaknya adalah kamu tidak akan tau bagaimana kualitas burayak yang dihasilkan. Karena pada usia muda walaupun guppy sudah bisa kawin, tetapi mereka belum menunjukkan kualitas terbaiknya.

Normalnya kualitas terbaik muncul ketika di umur 3,5 hingga 4 bulan. Semakin tua semakin jadi. Jadi, jangan lupa pisahkan jantan dan betina di usia ini sebelum terlambat.

Fase 2 bulan sampai 3 bulan

Di umur 2 sampai 3 bulan, ikan guppy sudah mulai menunjukkan potensinya. Tapi, saran dari para master lebih baik fokus pada bagaimana  cara agar mereka cepat besar. Pertumbuhan guppy sudah mulai stabil, dan terus perhatikan kondisi air. 

Umur 4 bulan ke atas

Ikan guppy sudah mulai menunjukkan potensi terbaiknya. Seleksilah guppy yang menurut kamu terbaik untuk menjadi indukan. Buang ikan yang kualitasnya reject. Atau kalau banyak yang reject, jual dengan harga murah ke toko ikan hias.

Pelajarilah bagaimana ciri-ciri ikan guppy yang berkualitas terbaik. Kalau para master guppy, mereka berpatokan pada standar kontes. Jadi kalau guppy nya sudah sesuai dengan standar kontes nilai jualnya menjadi tinggi.

Biasanya penilaian kualitas guppy berdasarkan grade, ada yang grade A, grade B, grade C. Kalau yang grade A harga jualnya minimal Rp.250.000 per pasang. Itu minimal lho. Kalau AFR grade A harganya bisa lebih tinggi lagi.

Kesimpulan

Budidaya ikan guppy ini memang sangat menjanjikan. Kata orang memeliharanya tergolong simpel. Memang benar simpel, tetapi kalau tidak tau bagaimana cara budidaya ikan guppy yang benar, maka semua itu akan percuma saja.

Lebih baik budidayanya dilakukan secara bertahap. Mulai dari 1 pasang dahulu, kalau kamu merasa sudah mampu, kamu bisa menambah koleksi jenis guppy lainnya.

Jika sudah berhasil membudidaya, cobalah untuk menjualnya. Lumayanlah buat modal beli pakan. Siapa tau nanti kamu malah jadi juragan guppy?

Bagaimana? lengkap gak tutorial saya mengenai cara budidaya ikan guppy bagi kamu yang pemula? 

Kalau ada tambahan, atau ingin bertanya seputar guppy, silahkan komentar di bawah ini. Thanks.
Previous
Next Post »