Mantap! Steam Mengirimkan 15 Juta GB Data pada Tahun 2018

Semenjak tiga tahun terakhir, Valve telah mengirimkan banyak data game-nya dan data lainnya melalui jaringan private globalnya. Hal ini seperti yang dirinci dalam 2018 tahun dalam posting ulasan hari ini.

"Kami bermitra dengan banyak perusahaan Internet di seluruh dunia untuk membangun jaringan ini, yang terhubung langsung dengan lebih dari 28.000 jaringan regional dan lokal di 28 kota di 21 negara yang berbeda," tulis Valve.

"Jaringan pribadi ini memungkinkan kami mengirimkan game dan membawa game, obrolan suara, dan data lainnya dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah kepada pengguna di lebih dari 229 negara."

Kecepatan dan latensi macam apa tepatnya? Valve mengatakan "edge network capacity" sekarang 12 Tbps (itu 12 juta megabit per detik).

edge merupakan sebuah server yang dihubungkan pada users. Cloudflare memiliki pemecahan yang baik: "Server edge sering berfungsi sebagai koneksi antara jaringan terpisah.

Tujuan utama server edge CDN adalah untuk menyimpan konten sedekat mungkin dengan sebuah requesting client machine, sehingga mengurangi latensi dan meningkatkan waktu pemuatan halaman. "

Jika Anda pernah kagum dengan seberapa cepat server unduhan Steam, setidaknya ada bagian dari penjelasannya. Valve mengatakan kapasitas jaringannya juga tumbuh 50 persen dari tahun ke tahun.

Pertumbuhan itu mungkin diperlukan untuk mengimbangi penggunaan Steam userbase (dan semakin besar ukuran unduhan game).

Mantap! Steam Mengirimkan 15 Juta GB Data pada Tahun 2018
sumber: Valve

Grafik Steam di atas menunjukkan bahwa pada tahun 2014, total data permainan yang dikirimkan kurang dari empat exabytes kepada semua orang yang menggunakan Steam.

Akan tetapi, pada tahun 2018, total pengiriman data Steam adalah 15,39 exabytes, empat kali lipat dibanding sebelumnya beberapa tahun yang lalu.

Jika dilihat dari perpektif lain, Valve mencatat bahwa sekarang ia memberikan lebih banyak data game dalam satu tahun daripada periode lalu lintas internet ketika Steam diluncurkan: "Seluruh lalu lintas Internet pada tahun 2003 (tahun kami meluncurkan Steam) diperkirakan mencapai 9,3 exabytes . "

Beberapa fakta dan angka yang lebih menarik ada di detail infrastruktur server Steam.

Beberapa fungsi utama Steam didukung oleh seluruh muatan SSD: "Kami menggunakan SQL Server baru, sekarang dengan 2,7 petabyte penyimpanan solid state FAST, untuk mengimbangi 1,7 miliar kartu perdagangan yang diberikan, 488 juta perdagangan diselesaikan, 245 juta emotikon dibuat, dan 218 juta tangkapan layar diposting pada tahun lalu. "

Kita harus bertanya-tanya seperti apa SSD SSD yang digunakan, karena bahkan menggunakan model SAS 16TB, itu masih berarti diperlukan 168 SSD.
Previous
Next Post »