6 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

6 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Pernahkah kamu ke perdesaan? Atau mungkin kamu sedang tinggal di perdesaan? Jika iya, biasanya di perdesaan masih ada pepohonan yang rindang nan sejuk.

Apalagi di pagi hari ada tetesan air dari embun yang bersahaja dan burung burung pun bernyanyi dengan merdunya. Nyaman sekali rasanya ! .

Nah, sekarang kamu pernah dengar slogan ini tidak? “Satu Orang Satu Pohon”. Slogan ini seharusnya menjadi motivasi kita untuk menanam pohon.

Jangan jauh jauh deh, cukup menanam pohon di dekat rumah kamu sudah menjadi bagian dari penyelamat bumi ini.

Kalau menanam pohon di dekat rumah sebenarnya ada keuntungan tersendiri buat kamu. Berikut saya paparkan berbagai keuntungan menanam pohon di dekat rumah.

1. Mencegah Terjadinya Banjir



Karena pohon membutuhkan air dan zat hara. Ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi terjadinya banjir. Dengan adanya pohon inilah bisa menjadi daerah resapan air ketika musim hujan.


2. Rumahmu akan Terlihat Lebih Teduh



Yaps, dengan hijaunya warna daun, akan menambah kesan nyaman dan asri untuk dipandang. Rumahmu pastinya akan terlihat adem dengan hiasan hidup ini di dekat rumah.

3. Penyaring Udara Kotor



Di era teknologi yang kurangnya perhatian terhadap kebersihan lingkungan ini, pohon dapat sebagai penyaring udara kotor. Semakin banyak menanam pohon, maka semakin banyak juga polusi udara yang tersaring oleh pepohonan yang rimbun tersebut.

4. Dapat Menyegarkan Rumahmu



Nah,  tahu kan kalau pohon itu menghasilkan oksigen? oksigen inilah yang memberikan kesegaran dan kesejukan rumah mu. Jadi kamu tidak akan terasa kepanasan, dan pastinya tidak terlihat gersang. Sehingga kamu pun akan lebih nyaman untuk bersantai.

5. Sebagai Tempat Bertenggernya Burung Burung



Burung burung biasanya istirahat di pohon. Apalagi kalau pohon mu sangat tinggi. Bisa jadi mereka membuat sarang disana. Kamu pun bisa menikmati kicauan merdunya sehingga menambah kesan asri pada rumahmu.

6. Bisa Diambil Buahnya



Kalau yang satu ini sih, sangat berguna untuk kelangsungan hidup manusia. Apalagi kalau kamu lagi kelaparan, kan bisa diambil buahnya, atau kamu bisa membagikannya kepada tetangga sekitar. Saya sendiri punya pohon Ceri  dan setiap hari ada saja orang yang mengambil buahnya untuk dinikmati.

Kesimpulan


Memang banyak sekali manfaat dari menanam pohon. Untuk itu, menanam pohon sangat perlu dilakukan sebagai wujud dari usaha menjaga kelestarian alam.

Ayo jadilah pahlawan penyelamat bumi dengan menanam pohon di dekat rumahmu ! . Apalagi kamu sudah mengetahui banyaknya keuntungan menanam pohon dekat rumah.

Bisa dibayangkan jika di setiap rumah di lingkunganmu terdapat satu pohon. Manfaat yang didapatkan pun akan sangat terasa untuk mencegah polusi dan menyegarkan udara di lingkunganmu. Hal ini bisa dikatakan sebagai wujud usaha kecil kita untuk melestarikan bumi.

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
danu adji
AUTHOR
17 Desember 2015 pukul 07.51 delete

Lengkap, Tapi kalau saya tinggal di perumahan sempit, apakah ada ide lain untuk membuat lingkungan rumha menjadi teduh karna pohon ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 Desember 2015 pukul 09.44 delete

info yang bagus gan thnks gan mantap artikelnya

Reply
avatar