5 Trik Ampuh Menghemat Kuota 4G LTE pada Smartphone

Teknologi jaringan internet terbaru 4G kini mulai mudah terjangkau. Kemampuan download dan upload yang tinggi serta kecepatannya yang responsif memudahkan kita berselancar di internet dengan nyaman.

cara hemat kuota 4g lte

Download game? lancar. Upload foto ke Instagram? lancar. Streaming Youtube? No buffering. Yaps, begitulah kehebatan dari 4G. Namun, terkadang kita terlena dengan kehebatan 4G sehingga kuota jadi cepat menipis, ditambah kantung dompet tipis pula. Walaupun harganya terjangkau tapi tetap saja kalau tidak punya uang tidak akan bisa membeli kuota, benar kan?

Maka dari itu kamu dianjurkan menggunakan internet untuk hal yang seperlunya saja, agar kuota 4G kamu tidak terlalu boros.

Bagaimana cara hemat menggunakan kuota 4G pada Android mu? Berikut ini 5 tips menghemat kuota internet mu.

1. Gunakan Browser yang memiliki Data Saver.


Pada dasarnya semua browser memiliki data saver nya masing-masing, seperti Google Chrome, UC Browser atau browser lainnya. Setiap kali kita berkunjung ke suatu situs, browser akan menyimpan data sementara situs yang dikunjungi. Sehingga ketika kita akan mengunjungi situs tersebut kembali akan lebih cepat serta dapat menghemat kuota 4g mu.

Admin Sendiri menggunakan browser Mini UC karena kelebihannya dapat menghemat kuota 4g dengan cara mengkompres data menjadi tampilan browser hp tombol. Walaupun tampilannya tidak lebih elegan dibandingkan browser lain, akan tetapi bagi Admin akan lebih efisien untuk mencari informasi dengan cepat dan hemat.

2. Nonaktifkan Sinkronisasi Aplikasi


Di Smartphone biasanya ada beberapa aplikasi yang terhubung ke internet, aplikasi tersebut akan tersinkronisasi ke internet untuk melakukan beberapa maintenance dari developer.

Agar dapat menghemat kuota, sebaiknya kamu nonaktifkan fitur sinkronisai pada aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Kamu pun dianjurkan untuk mematikan fitur auto-update, karena terkadang fitur ini memakan banyak bandwith, apalagi saat developer melakukan perbaikan versi.

3. Gunakan Fitur Data Usage Warning


"Data Usage Warning" sebenarnya sudah ada secara default pada sistem sejak Android meng-upgrade ke versi KitKat. Ketika kamu mengaktifkannya, fitur ini sangat berguna untuk memperingatkan kita terhadap batas penggunaan data yang sudah diatur sebelumnya.

Sehingga kamu tidak perlu lagi takut kehabisan kuota, karena fitur ini akan memperingatkan kita jika sudah sampai batas yang ditentukan. Bahkan fitur ini dapat mematikan jaringan secara otomatis jika melewati batas peringatan.

4. Fitur "Restrict Background Data"


Fitur ini biasanya ada di bagian Opsi Pengembang. Sistemnya hampir sama dengan poin nomor 2, akan tetapi bila aplikasi tidak dijalankan, mereka tidak akan mengirimkan notifikasi sama sekali saat tidak digunakan.

Namun, ada bagusnya juga, jika kamu jengkel dengan keluarnya notifikasi yang tidak penting sama sekali, kamu bisa menggunakan fitur ini sebagai alternatifnya.

Baca juga : Cara Lock 4G LTE pada Smartphone Android

5. Manfaatkan Wi-Fi "Gratis" untuk Update


Biasanya di cafe atau kampus tersedia layanan Wi-Fi gratis. Nah, ditempat ini kamu bisa memanfaatkannya untuk berinternet gratis. Kalau perlu update aplikasi mu sepuasnya.

Oh iya, seperti yang disinggungkan di poin nomor 2 juga, terkadang yang menjadi penyebab kuota cepat habis adalah di Google Play Store ada pengaturan Auto-update. sebaiknya kamu ganti pengaturanna menjadi hanya meng-update aplikasi otomatis saat terhubung dengan Wi-Fi.

Sekian, ohiya jika ada tambahan tips yang lainnya kamu silahkan menambahkannya di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat membantu permasalahan kamu. :)
Previous
Next Post »