Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office

Microsoft Office, apa itu? Bukan Microsoft Word lho! Orang-orang biasanya salah kaprah tentang Microsoft Office ini.

Microsoft Office adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti mengetik, mengolah angka, pembuatan media presentasi, database, dan lain-lain.

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office

Nah Microsoft Word itu salah satu aplikasi yang ada di Microsoft Office. Aplikasi ini digunakan untuk keperluan-keperluan yang berhubungan dengan tulisan.

Terus apalagi yang termasuk di Microsoft Office? banyak, diantaranya Excel, PowerPoint, FrontPage, Visio dan lain-lain.

Bagaimana? Paham kan maksudnya Microsoft Office? Kalau belum paham silahkan tanya bagian mana kamu tidak pahamnya, di kolom komentar di bawah artikel ini ya.

Oke, di artikel ini saya akan membahas tentang macam-macam aplikasi yang ada di Microsoft Office. Selain itu, saya juga akan membahas fungsi pada setiap aplikasinya.

Note : Kalau bermanfaat, tolong share artikel ini yaa agar saya semangat untuk membuat konten-konten yang lebih menarik. Thanks :)

1. Microsoft Word

Macam-macam aplikasi microsoft office word

Aplikasi ini berfungsi sebagai pengolah kata untuk keperluan surat-menyurat, pembuatan buku, atau bahkan sering juga digunakan untuk membuat poster. Pokoknya banyak deh kegunaan dari aplikasi ini.

Apalagi kamu yang mahasiswa, aplikasi ini menjadi salah satu alat yang wajib kamu kuasai. Itu karena kalau kamu mau buat skripsi, tesis, jurnal, dan lain-lainnya yang bikin kepala mumet, kamu akan memerlukan aplikasi ini.

Jangan anggap remeh MS Word ini! Aplikasi ini kadang suka rewel kalau kita tidak tau cara memanfaatkan menu aplikasinya.

Saya sendiri sempat kesal ketika membuat proposal PKM yang mengharuskan adanya daftar isi, daftar pustaka, penomoran halaman dan lain-lain.

Jadi waktu itu saat saya membuat penomoran halaman sebenarnya tidak terjadi masalah apa-apa.

Tapi, setelah di-print, eh penomorannya berantakan. Sia-sia jadinya. Mau tidak mau uang 15ribu saya sirna ditelan tukang print-an.

2. Microsoft Excel

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office excel

Kalau aplikasi buatan Microsoft yang satu ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka. Biasanya dipakai untuk perhitungan angka-angka rumit karena ada pengolahan aritmatikanya.

Cocok banget nih buat kamu yang hobinya ngitung. Apalagi kalau kamu sering minjemin duit ke teman. Wah kayaknya harus banget nih fasih Microsoft Excel ini, daripada dicatet di buku catatan dan harus pakai kalkulator juga. Biar gak pusing catetin hutang teman yang entah kapan dia akan membayarnya.

Saya sendiri menggunakan ini buat menghitung dana investasi kecil-kecilan dan catatan tabungan. Cara menggunakannya gampang kok, tinggal buat rumus dasarnya, terakhir tinggal masukkan aja angka-angka yang kamu butuhkan.

Siapa tau nanti kalau kamu jago Microsoft Excel, kamu malah jadi pengusaha sukses. Atau bahkan jadi menteri keuangan #Aamiin.

3. Microsoft PowerPoint

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office powerpoint

PowerPoint merupakan aplikasi yang terdiri slide-slide dan  digunakan untuk pembuatan media presentasi. isinya bisa berupa teks, grafik, flowchart, dan lain-lain.

Dengan bantuan aplikasi ini, kita akan lebih mudah dalam menyampaikan suatu materi di depan umum. Dari yang tadinya orang sulit mengerti apa yang disampaikan, akhirnya mereka menjadi lebih paham materi yang ingin kita sampaikan.

Hebatnya, di sini ada beberapa pilihan untuk membuat animasi agar presentasimu menjadi lebih menarik.

Sekedar tips dalam pembuatan presentasi pada PowerPoint. Jangan terlalu banyak animasinya, karena akan mengalihkan fokus orang-orang. Bukannya fokus pada materi yang kamu bawakan, malah fokus ke animasinya.

4. Microsoft Access

Macam-macam aplikasi microsoft office access

Aplikasi yang satu ini berfungsi sebagai pengolah database. Jadi, nanti aplikasi ini digunakan untuk menampung data agar pengelolaannya menjadi lebih efisien.

Misalnya, kamu punya daftar pelanggan, setiap pelanggan memiliki nomor telepon, alamat, dan jenis kelamin.

Nah dengan MS Access ini, data-data tersebut akan dikumpulkan menjadi satu sehingga jika kamu membutuhkan datanya, maka kamu hanya perlu membuka aplikasi ini.

Apa pentingnya buat kamu? Penting banget. Dalam suatu organisasi pasti perlu menghimpun setiap anggotanya. Dengan aplikasi ini, kamu dapat lebih mudah mengumpulkan data-data anggota agar lebih tertata.

5. Microsoft Outlook

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office outlook

Outlook adalah aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office dan digunakan untuk memanajemen keperluan pengiriman surat elektronik atau email.

Outlook mempunyai beberapa fasilitas, diantaranya fungsi jadwal kerja, kalender, catatan, jurnal, dan lain-lain. Dengan fitur ini diharapkan mampu membantu kamu ketika kerja.

Akan tetapi, aplikasi yang satu ini jarang yang menggunakannya. Ya, karena untuk keperluan email, kita biasa menggunakan gmail. Jadi aplikasi ini masih kalah saing.

6. Microsoft Publisher

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office publisher

Aplikasi besutan Office lainnya adalah MS Publisher. Aplikasi ini dibuat khusus untuk keperluan desktop publishing.

Apa itu desktop publishing? Pokoknya yang berkaitan tentang pembuatan sesuatu yang akan diterbitkan, misalnya majalah, banner, brosur, koran, kalender, poster dan lain-lain.

Kenapa harus Publisher?

Walaupun untuk keperluan poster, koran, atau majalah bisa menggunakan Microsoft Word atau PowerPoint, tetapi hasilnya akan jauh berbeda jika kamu menggunakan Microsoft Publisher. Kenapa?

Karena fitur-fitur di Microsoft Publisher jauh lebih lengkap sehingga dapat mempermudah kamu dalam kegiatan desktop publishing. Jadi, hasilnya pun akan jauh lebih baik daripada aplikasi lainnya.

7. Microsoft OneNote

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office onenote

OneNote adalah aplikasi yang dirancang oleh Microsoft yang berfungsi sebagai catatan. Di aplikasi ini, kamu bisa menyusun agenda sehari-hari.

Walaupun fungsinya hampir sama dengan Word, tetapi OneNote ini lebih simpel karena memang dikhususkan untuk catatan yang ringan-ringan saja.

Dari namanya saja, yaitu "note" maka cocok banget nih buat kamu yang sering dikejar-kejar deadline. Untuk kamu yang sering lupa jadwal ngampus, wah cocok banget nih pakai aplikasi ini!

8. Microsoft Project

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office onenote

MS Project ini merupakan aplikasi yang diguakan untuk keperluan manajemen proyek. Aplikasi ini dirancang untuk orang-orang yang memiliki project besar.

Jadi dengan Microsoft Project ini, kamu dapat mengembangkan rencana agar lebih tertata, kemudian di bagi-bagi lagi menjadi sub proyek sehingga pengelolaannya menjadi lebih efisien.

9. Microsoft FrontPage

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office frontpage

Kalau aplikasi yang ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang bekerja  di bidang Web Design atau disebut Front End Developer. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengedit halaman web tanpa harus pusing memikirkan coding-nya.

Kalau kamu tau DreamWeaver, nah aplikasi FrontPage prinsipnya hampir sama, yaitu WYSIWYG (What You See Is What You Get). Artinya "Apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan".

Tapi sekarang saya pun jarang melihatnya, mungkin karena aplikasi ini masih kalah saing dengan aplikasi lainnya. Apalagi sudah banyak bermunculan Framework yang dapat memudahkan programmer web dalam pembuatan Front End.

10. Microsoft InfoPath

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office infopath

InfoPath ini digunakan untuk keperluan input data yang berbasis XML. apa itu XML? Kalau yang saya baca di wikipedia, XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup yang disarankan W3C untuk mengumpulkan dan megolah data antar berbagai sistem.

11. Microsoft Visio

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office visio

Visio merupakan aplikasi yang spesialisasinya membuat diagram, diagram alir, atau flowchart.

Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk mempermudah dalam membuat diagram. Kalau aplikasi ini biasa digunakan untuk perencanaan awal.

Misalnya kamu punya suatu proyek pembuatan program aplikasi. Tentu saja harus membuat diagram alirnya (flowchart) terlebih dahulu. Dengan Microsoft Visio inilah akan mempermudah kamu untuk membuat diagram alirnya.

12. Microsoft Lync

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office lync

Microsoft Lync ini merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi. Masih banyak orang yang tidak tau aplikasi ini. Kalau kamu tau Skype, kurang lebih aplikasi ini fungsinya sama seperti itu.

Di Ms Lync ini, kamu bisa chatting-an dengan teman-teman yang menggunakan aplikasi yang sama. Hebatnya lagi, di aplikasi ini kamu bisa melakukan aktivitas seperti telepon, video call, berbagi file, dan masih banyak lagi.

13. Microsoft Picture Manager

Macam-macam aplikasi microsoft office picture manager

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit berbagai macam foto atau gambar. Tapi sayangnya aplikasi ini sudah tidak didukung lagi di Office 2013 ke atas.

14. Microsoft SharePoint

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office sharepoint

Kalau SharePoint ini adalah platform yang digunakan untuk mengedit Web. Dengan aplikasi ini, kita akan lebih mudah dalam pembuatan Website.

Di aplikasi ini memiliki library yang lengkap, sehingga kamu dapat memilih library mana saja yang digunakan untuk keperluan website kamu.

15.Microsoft OneDrive

Ini Dia Macam-Macam Aplikasi dari Microsoft Office onedrive

OneDrive adalah salah aplikasi dari Micrsoft Office yang digunakan untuk menyimpan file di internet. Aplikasi ini fungsinya sama seperti Dropbox atau Google Drive.

Di aplikasi ini memungkinkan kamu menyimpan berkas-berkas secara pribadi, kemudian dapat membagikannya kepada orang-orang tertentu, atau membuat berkas tersebut menjadi bersifat umum.

Di OneDrive kamu dapa menyimpan berkas hingga 10GB. Menurut saya ini lumayan banyak jika hanya sekedar menyimpan file excel atau word yang hanya beberapa KB saja.

Kesimpulan

Dari semua aplikasi yang kita bahas di atas, ternyata macam-macam aplikasi dari Microsoft Office itu ada banyak. Kebanyakan aplikasi dari Microsoft Office ini fokusnya membuat aplikasi yang berguna untuk pekerjaan dan proyek. 

Akan tetapi, ada beberapa aplikasi juga yang sudah tidak di support lagi oleh Microsoft Office 2013 ke atas. Alasannya beberapa produk dari mereka memang kalah saing dengan aplikasi dari pihak lain.

Terlepas dari persaingan itu, nyatanya aplikasi-aplikasi dari Microsoft Office memang sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jangan lupa share artikelnya yaa :)
Previous
Next Post »