Apa sih Maksudnya Sistem Komputer? Berikut Penjelasannya

Oke, kali ini saya akan sedikit membahas tentang sistem komputer. Tapi, mohon maaf ya kalau yang saya tulis ini menggunakan gaya bahasa saya sendiri.

Apa sih Maksudnya Sistem Komputer? Berikut Penjelasannya

Biasanya yang dateng ke artikel ini karena ada tugas sekolah atau kuliah. Oke, berarti harus baku ya? Biar gampang dicopas :v.

Mohon maaf temen-temen, ini buat catetan saya selama kuliah supaya nanti saya bisa buka-buka blog ini buat bahan belajar saya kalau lupa #maklum pelupa, udah tua :v.

Daftar Isi
Oke, sebelum membahas sistem komputer, sekarang kita bahas dulu nih kata per katanya.

Mulai dari "sistem". Menurut wikipedia, sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung untuk memudahkan aliran informasi, atau materi agar mencapai suatu tujuan.

Jadi dengan sistem, kita akan lebih mudah dalam mengakses sesuatu agar tujuan itu tercapai. Nah, disini tugas kita untuk membuat suatu sistem menjadi lebih efisien agar semakin mudah untuk mengakses suatu informasi.

Kemudian "komputer". Singkatnya, komputer adalah perangkat elektronik yang mampu mengolah suatu informasi atau data.

Kalau kamu menggunakan komputer, pastinya kamu dapat lebih mudah dalam mengolah data. Misalnya ada suatu perhitungan rumit dan berulang, kamu bisa menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data perhitungan tersebut.

Apalagi kalau kamu sudah mahir menggunakan Excel, dengan trik-trik khusus, dalam hitungan menit pun dapat dengan mudah memecahkan masalah yang rumit tersebut.

Kemudian, Apa itu sistem komputer?

Sistem Komputer adalah kumpulan perangkat komputer(hardware, software, brainware) yang saling terintegrasi satu sama lain agar dapat melakukan proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang akurat.

contoh gambar sistem komputer

Kalau masih belum paham, Kamu bisa highlight kalimat "...perangkat komputer yang saling terintegrasi..". Dari kalimat ini, kita dapat mengetahui bahwa perlu adanya keterkaitan antar perangkat agar dapat memproses informasi menjadi lebih cepat dan akurat.

Sistem komputer untuk apa?

Kalau bicara untuk apa, berarti kita masuk ke dalam fungsi sistem komputer itu sendiri. Ok, we will break it one by one.

1. Input Data

Kalau kita perhatikan dari namanya, yaitu "Input". berarti komputer bertugas untuk memasukkan data-data agar dapat menjadi bahan untuk diproses oleh komputer itu sendiri.

2. Process Data

Nah, dibagian ini merupakan tahap dimana nanti data akan diolah oleh komputer agar dapat menghasilkan suatu informasi yang kita inginkan.

Data akan diproses oleh komputer bergantung dari input yang diberikan dan output yang diharapkan.

3. Output Data

Pada tahap ini biasanya kita akan melihat hasil yang diinginkan setelah data tersebut diproses oleh komputer.

Output biasanya berupa tulisan, gambar, audio, video, dan lain-lain. Simpelnya output data merupakan suatu reaksi dari aksi input data.

4. Saving Data

Nah, di saving data ini tentunya data yang sudah diproses menjadi informasi akan disimpan ke dalam sebuah memori komputer.

Jadi, ketika datanya sudah diproses sehingga menghasilkan informasi tertentu, dapat disimpan ke dalam memori komputer yang dapat kita gunakan.

Secara umum ada tiga komponen atau elemen yang ada pada sistem komputer, yaitu software, hardware, dan brainware.

Bahas dari mana ya? Oke kita bahas hardware dulu. Kan pastinya software gak akan berjalan tanpa hardware. Ibarat aku gak bisa hidup tanpamu #ups.

Baca juga : Kamu anak elektro? Pasti ngerti rangkaian kombinasional dong.

Apa itu Hardware?

Hardware atau perangkat keras dalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik dan dapat disentuh. Jadi, kamu bisa tuh lihat wujud asli dari perangkat tersebut tanpa harus pakai mata batin.

contoh gambar hardware

Hardware terbagi menjadi empat bagian, yaitu :

1. Input Device

Kalau ini merupakan hardware yang fungsinya untuk memasukkan berbagai data atau perintah komputer.

Contohnya keyboard. Device ini memiliki tugas untuk memasukkan huruf atau simbol yang kita ketik.

Selain itu masih banyak lagi input device lainnya, seperti:

Web Cam, merekam video.
Mouse, menggerakkan kursor.
Scanner, untuk merekam kertas.

Oh iya, Input device tidak sebatas di situ saja lho. Kalau kamu perhatikan port VGA pada laptop, ketika dihubungkan ke Projektor atau ke monitor lainnya, port VGA tersebut bertindak sebagai input device.

Jadi, intinya input device itu fungsinya untuk  memasukkan suatu data pada komputer.

2. Output Device

Device ini berfungsi untuk menampilkan hasil pemerosesan berbagai data. Contohnya Projector, device ini berfungsi untuk menampilkan Windows pada komputer atau laptop kita.

Contoh lainnya? banyak, seperti:
Printer, mencetak kertas.
Monitor, menampilkan Windows.
Speaker, mengeluarkan suara.

3. Processing Device

Perangkat ini berfungsi sebagai pengolah data. Bisa dibilang sebagai otaknya komputer. Disinilah koordinasi antar perangkat dijalankan sehingga sistem dapat berjalan dengan baik.

CPU (Central Processing Unit) merupakan perangkat yang digunakan untuk mengakses perintah input sehingga menghasilkan output yang diharapkan.

Ohiya, jika kamu hobi otak-atik arduino, ada yang namanya "microcontroller". Perangkat ini juga termasuk Processing Device. Tapi saya tidak terlau tahu apakah ini bagian dari komputer atau bukan.

Mohon perbaiki ya kalau saya salah.

4. Storage Device

Kalau storage device berfungsi untuk menyimpanan data. Ada dua tipe, yaitu penyimpan sementara dan penyimpan jangka lama.

Penyimpan sementara dilakukan oleh RAM (Random Access Memory) yaitu sebagai penyimpanan acak yang dilakukan oleh CPU dan juga input device.

Biasanya Penyimpanan ini akan direset secara otomatis ketika kita restart atau shutdown PC.

Selanjutnya penyimpanan jangka panjang, ada banyak contohnya. Pada umumnya dibagi menjadi dua, yaitu:

Penyimpanan Internal, kalau yang sering kita temui biasanya berupa harddisk, atau bahkan sekarang sudah zamannya SSD.

Penyimpanan Eksternal, kalau perangkat ini tidak kalah pentingnya. Sifatnya yang portable (gampang dicopot) membuat penyimpanan ini menjadi salah satu kebutuhan kita. Misalnya harddisk eksternal, Flashdisk, DVD, SD Card, dan masih banyak lagi.

Kalau software itu apa?

Software atau perangkat lunak merupakan perangkat yang tidak memiliki bentuk fisik. Software adalah kumpulan data elektronik yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga berisi berbagai kode bit yang sudah diatur oleh komputer.

contoh gambar software

Bisa berupa program ataupun koneksi untuk menjalankan berbagai perintah. Software berfungsi untuk mengontrol perangkat keras.

Perangkat ini akan menerjemahkan instruksi menjadi bahasa mesin komputer sehingga komputer menjalankan instruksi sesuai dengan perintah.

Ada beberapa macam software, seperti:

1. Operating System

Operating System (OS) atau Sistem Operasi ini berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan hardware. Software ini bertugas untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras dan berbagai operasi yang terjadi pada sistem.

Bisa dibilang OS ini sebagainya ibu software karena tanpa OS, aplikasi-aplikasi tidak akan dapat dijalankan.

Dulu, OS masih berbasis teks, tau CMD di Windows kalian? Nah OS dulu tuh cuma berbentuk tulisan layaknya CMD.

Sekarang OS sudah dimodifikasi dengan tampilan GUI sehingga mempermudah masyarakat awam dalam menggunakan OS.

Gak kebayang kan, kalo OS masih berbentuk teks, mungkin gak ada yang mau menggunakannya :v.

Contoh-contoh OS ada banyak, tapi yang sering digunakan Windows(kebanyakan penggunanya orang awam), Linux (para master di bidang Networking), Mac OS (Biasanya yang hobi editing yang sering pake).

2. Application Program

Biasa disebut program aplikasi atau simpelnya aplikasi, software yang satu ini berfungsi untuk menjalankan aktivitas yang kita butuhkan. Kalau kamu sering menggunakan Microsoft Word di Windows untuk keperluan menulis, nah itu termasuk program aplikasi.

Contoh lainnya:
Microsoft Excel, aplikasi pengolah angka.
Microsoft PowerPoint, aplikasi presentasi.
Photoshop, aplikasi edit foto.

Dan masih banyak lagi.

3. Utility Program

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan program aplikasi. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada fungsinya.

Kalau fungsi program aplikasi tadi sebagai penunjang kebutuhan kita, sedangkan utility program berfungsi untuk menjalankan berbagai tugas tambahan.

Program ini bertugas untuk membantu kinerja komputer agar nantinya komputer menjadi lebih efisien menjalankan instruksi yang diminta.

Misalnya backup. program ini berfungsi sebagai penyimpan data cadangan kalau nanti file yang kita simpan tiba-tiba rusak atau hilang.

Coba deh kalo tanpa backup, mau tidak mau kita harus merelakan kepergian file kita. Sedih gak? #lebay

Tapi jangan salah, dalam beberapa kasus banyak juga yang frustasi gara-gara datanya hilang. Makanya, rajin-rajin backup supaya tidak menyesal.

Contoh lainnya :
Data recovery, berfungsi untuk memulihkan data yang rusak atau korup.
Disk Defragmenter, berfungsi untuk meningkatkan kinerja harddisk.

Dan masih banyak lagi.

4. Programming Language

Banyak orang biasa menyebutnya bahasa pemrograman. Kalau ini biasanya bertindak sebagai penerjemah antara pengguna komputer dengan komputer.

Mengapa disebut bahasa? karena dengan bahasa, pengguna dapat berkomunkasi dengan komputer sehingga komputer dapat menjalankan perintah yang diberikan oleh si pengguna komputer.

Semua program aplikasi pada dasarnya dibuat oleh bahasa pemrograman. Akan tetapi, kita hanya dapat melihat hasil compile nya saja.

Bagaimana bahasa pemrograman bekerja? Oke, sekarang anggap kita mahir menggunakan bahasa inggris, tetapi tidak mengerti bahasa mesin komputer. Komputer pun sama mahir dengan bahasa mesinnya sendiri, tetapi tidak mengerti bahasa inggris.

Disinilah peran bahasa pemrograman untuk menerjemahkan bahasa kita ke dalam bahasa mesin komputer. Setelah kita buat instruksi-instruksi dengan bahasa pemrograman, kemudian setelah proses compile, komputer jadi mengerti apa yang kita maksud sehingga dia akan menjalankan instruksi yang kita perlukan.

Contoh bahasa pemrograman misalnya PHP, Java, Javascript, C++, C# dan masih banyak lagi.

Oke terakhir, Apa itu Brainware?

Brainware, ini maksudnya adalah si pengguna komputer atau sering disebut user. Tetapi saya kurang sreg aja kalo brainware termasuk perangkat komputer.

contoh gambar brainware

Ada banyak blog yang mengategorikan brainware sebagai perangkat atau komponen dari sistem komputer. Saya lebih berpendapat kalau brainware ini adalah pengendali sistem komputer. Jadi tingkatannya bukan termasuk di sistemnya lagi. Maaf ya kalau salah.

Brainware menurut profesinya dibagi menjadi beberapa, diantaranya:

Operator Komputer, yang bertanggung jawab sebagai pengolah data penting.

Administrator, yang bertanggung jawab atas sistem yang berjalan pada sistem komputer. Dia ini pengendali sistem komputer. Satu level lebih tinggi dari operator.

Programmer, yang mampu membuat suatu program menggunakan bahasa pemrograman.

Project Manager, yang bertanggung jawab dalam memantau kinerja dari project di sistem komputer.

System Analyst, yang bertanggung jawab dalam menganalisis suatu perkembangan sistem komputer.

Database manager, yang bertanggung jawab atas data yang disimpan.

Teknisi, yang bertanggung jawab pada maintenance pada setiap permasalahan di komputer.

Graphic Designer, yang bertanggung jawab dalam sebuah desain software komputer agar memudahkan user lain untuk menggunakan software tersebut.

Spesialis Jaringan,  yang bertanggung jawab atas konektivitas pada suatu jaringan komputer.

Ada lagi?

Intinya brainware itu adalah si pengendali dalam sistem komputer. Ketika kita menggunakan laptop untuk menyetel Youtube, kita sudah termasuk brainware.

Kesimpulan

Intinya sistem komputer merupakan suatu koordinasi antar perangkat komputer agar suatu sistem dapa dijalankan. Sistem sendiri terdiri dari dua, yaitu software dan hardware, dan kemudian dikendalikan oleh brainware.

Jika kalian masih ada banyak pertanyaan mengenai sistem komputer ini, silahkan tanya di kolom komentar di bawah ini.
Previous
Next Post »